Mengajarkan Matematika Pada Anak

Mengajarkan Matematika Pada Anak

Ketika akan mengajar matematika kadang anda berhadapan dengan suatu garis besar dalam kurikulum yang kompleks yang menawarkan berbagai jalan untuk mengerjakan angka-angka – ini tidak mudah untuk dipahami sebagaimana yang penulis pikir – dengan demikian berikut ini adalah daftar jalan / tatacara untuk temukan cara melalui teka-teki itu !
Kemampuan mengolah angka

Mengelompokkan

Benda-benda dengan ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam satu kesatuan. Misalnya kelompok bunga mawar

Korespondensi satu-satu

Ini penting sebelum mulai mengajar berhitung.

Berhitung

Memasangkan nama angka dengan sekelompok benda (misalnya angka 2 dengan dua ekor ayam)

Pengurutan

Mengurutkan berdasarkan letak.

Pengelompokan

Mengidentifikasi himpunan yang memiliki jumlah anggota yang sama.

Penetapan

Mengetahui bahwa simbol angka sifatnya tetap bagaimanapun peletakan anggota himpunan itu.

Pengenalan simbol

Mengenali simbol suatu angka dan menghubungkannya dengan cara ucap simbol tersebut. Misalnya 2 dibaca dua.

Mengenal nilai tempat

Posisi suatu angka menentukan nilainya. Misalnya, 7, 73 dan 741 masing-masing memiliki nilai yang berbeda untuk angka 7.

Operasi Hitung

Penjumlahan

Menghitung maju dari suatu titik yang diketahui.

Pengurangan

Mengambil sejumlah benda dari suatu himpunan.

-Memecahkan perbedaan antara 2 himpunan

Perkalian

Menambahkan himpunan yang sama (2+2+2=)

– Kelipatan (2, 4, 6, 8, 10)

– Penjabaran misalnya, 2 jenis roti                        =   6 jenis

masing-masing terdiri                 Roti lapis

dari 3 jenis yang sama

Pembagian

Membagi dalam jumlah yang sama suatu kelompok bilangan

Menentukan berapa jumlah anggota himpunan yang dapat dibentuk.

Misalnya : Ada 6 ikan. Jika dibagi untuk 3 ekor kucing, berapa yang didapatkan masing masing kucing?

Pecahan

1/3 dapat mewakili :

– Satu bagian dibagi menjadi tiga bagian.

– Suatu angka yang dapat dibagi tiga

– Suatu angka yang tidak dapat dibagi oleh angka tiga

– Sebagian dari tiga (sepertiga)

– Suatu angka kurang dari satu

Aljabar

Generalisasi suatu hubungan (pola) angka

Pola angka

Pola penomoran, aljabar dan geometris.

Misalnya : Pola dalam nomor

Pola dalam nilai tempat

Pola dalam perkalian dan pembagian

Pola kesamaan dan pola angka khusus

Pengerjaan angka yang tidak diketahui (persamaan)

– Gunakan huruf atau simbol

– Gunakan grafik dan koordinat (persamaan)

Mengajarkan Matematika Pada Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s