Back To Tempat Les (Sesi 2)

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa tempat belajar saya selain kampus tercinta adalah ruang number 3 A Children Center.

Sebagaimana brosur diatas, nah, saya ngajarin anak pake baju pink yang lagi nulis angka ga jelas itu.

Enough for the promotions. Back to topic.

Setelah hampir sembilan bulan menjadi seorang “guru les”(cie..cie… guru?belom lah) akhirnya saya sadar tentang apa yang saya kerjakan selama ini. tentang bagaimana belajar yang efektif itu. Ga mesti berkelompok sesuai umur tapi harus benar-benar mendapat bimbingan yang memadai. memang benar sebaiknya anak-anak dikelompokkan sesuai dengan tingkatan kelasnya atau kemampuannya. Hanya saja, beberapa anak terlalu spesial untuk disamaratakan dengan teman sebayanya.

Ada anak yang memiliki kecenderungannya sendiri dalam belajar. Ada pula anak yang selalu membawa keceriaan dalam kelas. Selama bekerja ini, beberapa anak telah mendapat tempat istimewa dalam hati saya. Anak yang cukup special untuk membuat keceriaan di kelas. Pengkondisian kelas menjadi salah satu syarat dalam pembelajaran yang baik dalam suatu bimbingan belajar. Berbeda dengan kelas-kelas konvensiaonal yang ada disekolah dimana mau tidak mau anak harus belajar disitu dalam jangka waktu tertentu. Sebuah bimbingan belajar dituntut untuk menyediakan fasilitas (kelas, alat, materi, budaya belajar, lingkungan belajar) yang memadai sehingga anak yang belajar di sana dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Seminar tentang MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) menyadarkan saya betapa ilmu yang didapat di bangku kuliah sangatlah kurang untuk mengetahui sifat manusia yang unik. Manusia adalah individu yang unik (kata bu Endang), nah seminar setengah hari tentang MBTI telah memberikan apa yang selama ini dijelaskan itu. Well, mungkin masih ada cara lain untuk mengetahu sifat-sifat seorang anak. Terlepas dari itu semua tetap saj aitu merupakan modal untuk pengabdian yang selanjutnya.

See you in my class!!! Easy Math not Dizzy Math we learn

One thought on “Back To Tempat Les (Sesi 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s